Rabu, 16 November 2011

Definisi Manajemen dan Bidang-Bidangnya


Pengertian manajemen 

Banyak ahli yang mengemukakan definisi manajemen. Perbedaan itu terjadi akibat karena adanya cara melihat tentang manajemen itu sendiri.
1.     Pengertian manajemen dilihat dari segi seni (art)
Menurut Mary Parker Follet manajemen adalah seni dalam menyelesaikan masalah pekerjaan melalui orang lain.
2.    Pengertian manajemen di lihat dari segi ilmu pengetahuan
Menurut Luther Gulick, manajemen adalah bidang pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan.
3.    Pengertian manajemen dilihat dari segi proses
Menurut James A.F. Stoner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan kegiatan anggota dan tujuan penggunaan organisasi yang telah di tentukan.

          Dari berbagai pengertian di atas, dapat di rumuskan bahwa manajemen adalah proses perencanaan,pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dan proses pengguna sumber daya organisasi lainnya untuk tercapainya tujuan organisasi yang telah di tetapkan.

  • ·         MANAJEMEN PRODUKSI
Manajemen produksi merupakan salah satu fungsi manajemen yang penting bagi kelangsungan hidup perusahaan. Manajemen produksi adalah rangkaian kegiatan yang terencana dan terkendali dalam rngka mengubah input menjadi output dan melakukan evaluasi terhadap output melalui umpan balik.
  • ·         MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen pemasaran merupakan salah satu bidang operasional dalam perusahaan yang harus di tangani dengan sungguh-sungguh. Hal-hal yang perlu di perhatikan daam manajemen pemasaran adalah riset pasar,segmentasi, targeting, dan positioning, bauran pemasaran ( marketing mix ), serta kepuasan pelanggan.
  • ·         MANAJEMEN KEUANGAN
Manajemen keuangan ialah manajemen yang berhubungan dengan langkah untuk mendapatkan dana yang di butuhkan dan bagaimana penggunaannya dalam rangka mencapai tujuan. Kegiatan manajemen keuangan adalah manajemen sumber dana, manajemen penggunaan dana, dan pengawasan penggunaan dana.
  • ·         MANAJEMEN PERSONALIA
Manajemen personalia adalah perencanaan, pengorganiasian, pengarahan, dan pengendalian atas pengadaan tenaga kerja, pengembangan, kompensasi, intergasi, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja ( PHK ) dengan sumber daya manusia untuk mencapai sasaran perorangan. Kegiatan-kegiatan manajemen personalia meliputi kegiatan penerimaan pegawai, penilaian pegawai, promosi dan mutasi, serta pemberian motivasi kerja.
  • ·         MANAJEMEN ADMINISTRASI
Manajemen administrasi memberi perhatian pada pemberian layanan di bidang administrasi, penggunaan alat yang efektif dan memberi dampak kelancaran pada bidang lain. Kegiatan manajemen administrasi adalah pengadministrasian kegiatan, pemakaian alat-alat perkantoran, pemeliharaan organisasi, penyediaan informasi, pengarsipan.


sumber:
Alam S. 1999. Ekonomi Edisi 2. Jakarta: Erlangga.
http://www.galerimangboyan.co.cc/2010/01/definisi-dan-pengertian-manajemen.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar