Selasa, 03 Januari 2012

Moral Bangsa Indonesia



         Bicara masalah moral, bangsa ini memiliki moral yang baik terlebih lagi bangsa Indonesia terkenal dengan perilakunya yang sopan dan santun. Tapi sekarang moral itu hanya bisa ditemukan dengan topeng dan acting  yang sangat bagus dari setiap manusia Indonesia walau tidak semua manusia Indonesia selalu bersandiwara.

        Moral bangsa ini telah hilang begitu dengan penerus bangsanya. Banyak yang yang telah melupakan falsafah agung Bangsa Indonesia yang membuat pertikaian di mana-mana. Sebelum membahas moral lebih jauh lebih baik kita memahami terlebih dahulu arti moral yang sebenarnya, moral merupakan ajaran atau pegangan berkenaan dengan buruk baik sesuatu perbuatan (kelakuan, kewajiban, dll), sikap atau cara berkelakuan yang berasaskan atau yang diukur dari segi baik buruk sesuatu akhlak. moral merujuk kepada konsep etika kemanusiaan yang digunakan dalam tiga konteks, yaitu:
1.    hati nurani individu;
2.   sistem-sistem prinsip dan pertimbangan — kekadang dipanggil nilai moral — yang dikongsi dalam sesuatu komuniti kebudayaan, keagamaan, kesekularan atau kefalsafahan; dan
3.   tatalaku atau prinsip moral tingkah laku.

         Moral cenderung merujuk kepada perilaku setiap manusia yang melakukannya. Bahkan moral kadang mencerminkan kepribadian seseorang. Saat ini moral bangsa ini telah diambang masa peralihan dimana kebanyakan dari penerus bangsa selalu mengikuti trend yang sedang populer tanpa mempedulikan latar belakang bangsanya sendiri. Menyikapi hal itu seharusnya kita harus lebih mengamalkan nilai-nilai moral yang terdapat di bangsa ini.
Bangga lah akan Negara mu sendiri, sejelek-jeleknya Negri ini masih Indah dimata Warganya. (kf_habibie)

Sumber : http://ms.wikipedia.org/wiki/Moral

Tidak ada komentar:

Posting Komentar